Pasti diantara kita ada yang ngoleksi komik dan sayang banget sama koleksi komiknya itu. Apalagi sekarang banyak banget komik-komik Jepang yang beredar di Indonesia, yah sayangnya komik-komik Indonesia belom banyak populer di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal dulu banyak banget komik-komik Indonesia yang ngetrend banget di zamannya, semacem Si Buta dari Goa Hantu, Gatot Kaca, dan lain-lain.

Nah bagi yang ngoleksi komik pastinya ga mau donk komiknya itu ketuker sama komik orang laen pas lagi dipinjemin ke orang laen apalagi sampe ilang. Dan yang ga kalah ngeselinnya itu kalo komik kita tuh abis dipinjem jadi lecek, atau robek, atau bahkan kotor. Pasti gondok banget tuh…

Jadi untuk menghindari itu semua, disarankan komik kita sebaiknya:

1. Beri Tanda Tangan Kita di Komik Milik Kita

Ini adalah langkah awal supaya komik kita gampang dikenalin kalo tuh komik punya kita bukan punya orang laen. Yah ga harus tanda tangan juga sih, bisa juga inisial nama kita. Kalo bisa juga ditulis tanggal kita beli tuh komik. Tanda-tanda ini bisa ditulis di halaman awal komik ataupun di akhir halaman komik, jangan gede-gede ntar komiknya jadi aneh. Oiya, lebih bagus lagi kalo niat banget, bikin stempel khusus yang ada nama kita.

2. Disampul Plastik Transparan

Supaya komik kita ga lecek, robek dan kotor, mendingan cepet-cepet disampul setelah beli komik. Selain bisa mencegah komik kita lecek, robek, dan kotor, sampul bisa membuat komik kita lebih keliatan rapi dan mengkilap. Yah asal nyampulnya juga rapi. Supaya sampulnya keliatan rapi, jangan sampe ada sela-sela di antara sampul sama komiknya. Kalo perlu latian dulu sama mas-mas/mbak-mbak yang jaga rental komik.

3. Disimpan Dengan Rapi

Udah ngelakuin semua yang ada di atas. Ada baiknya komik-komik disimpan dengan rapi di rak buku ataupun di meja. Jangan lupa juga rajin-rajin dibersihin.

Dengan melakukan itu semua dijamin komik kalian bakalan tahan lama dan ga gampang rusak. Oiya, jangan lupa juga kalo ada yang minjem komik kita, jangan lupa buat minta balikin.

Hidup perkomikan Indonesia!!

7 Responses to “Yang sayang komik… Yang sayang komik…”

Leave a Reply